Pages


Kamis, 02 Februari 2012

Ken Arok dan Ken Dedes-Kisah Cinta Bernilai Sejarah

1210 Masehi…

Di suatu sore, Ken Arok (25 tahun) tak sengaja melihat dari jauh Ken Dedes (21 tahun / istrinya Tunggul Ametung) naik tandu dikawal para penggawal pulang dari pemandian. Ketika itu kain panjang yang dikenakan Ken Dedes tertiup angin sehingga tersingkaplah apa yang ada di balik kain panjang Ken Dedes itu. Dada Ken Arok terkesiap melihat paha si cantik Ken Dedes yang putih dan bersinar. Ken Arok menceritakan hal itu ke Ponirah (55 tahun / gurunya Ken Arok). Dari situ Ken Arok jadi ingin tahu, apa benar ada kepercayaan… bila seorang wanita memiliki paha bersinar, kelak akan melahirkan raja-raja dan penguasa besar. Ponirah pun membenarkannya, kemudian dia menyuruh Ken Arok agar minta dibuatkan keris ke Empu Gandring (55 tahun)… Mesti Empu Gandring menganggap obsesi Ken Arok “edan”, namun dia tetap membuatkannya.

Langkah Ken Arok selanjutnya adalah, bagaimana caranya supaya dia bisa bekerja di Kadipatenan? Dengan bantuan Kebo Ijo (sahabatnya Ken Arok yang juga anak Buahnya Tunggul Ametung / 25 tahun), Ken Arok kemudian mendapat kerja di kadipatenan. Oleh karena Ken Arok mempunyai ilmu kanuragan yang tak jauh beda dengan Kebo Ijo, Tunggul Ametung (28 tahun / suaminya Ken Dedes / Adipati kadipaten Tumapel) menjadikannya orang kepercayaan yang bertugas menjaga Ken Dedes. Semenjak itu Ken Dedes pun mulai dekat dengan Ken Arok. Ken Dedes menceritakan kesedihannya yang sering ditinggal pergi oleh Tunggul Ametung tugas ke luar kota pada Ken Arok. Tapi meskipun ia banyak curhat dengan Ken Arok, dia tetap saja mencintai Tunggul Ametung melebihi siapapun di dunia ini. Hati Ken arok yang mendengarnya serasa pedih. Ia sudah tidak tahan untuk merebut Ken Dedes dari Tunggul Ametung.

Ken Arok pun mendatangi Empu Gandring dan menagih kerisnya, namun keris itu baru 75% selesai. Ken Arok yang sudah tidak sabar kemudian membunuh Empu Gandring. Tidak sampai di situ saja, Ken Arok diam-diam berhasil membunuh Tunggul Ametung, bahkan Kebo Ijo. Sepeninggal mati suaminya, Ken Dedes dan rakyat mengangkat Ken Arok jadi Adipati yang baru. Hebatnya Ken Arok ini, dia pintar mendekati rakyat. Bahkan mereka juga yang menjodohkan antara Ken Arok dan Ken Dedes sehingga keduanya menikah.

1222 Masehi…

Keberhasilan Ken Arok dalam memimpin membuat dia berhasil merubah Kadipaten Tumapel menjadi Kerajaan Singosari. Tapi seiring waktu dia pun selingkuh dengan Ken Umang sehingga ketahuan oleh Ken Dedes yang sedih, karena cintanya dikhianati.

1227 Masehi…

Tapi bukan Ken Dedes kalau tidak memaafkan, sehingga Ken Arok pun merasa bahagia karena keluarganya akur. Namun tanpa sepengetahuannya, Anusapati (kini 17 tahun) tahu siapa pembunuh ayahnya sebenarnya. Sehingga ketika Ken Arok, Ken Umang, dan Ken Dedes tengah asyik bercengkrama di taman kadipaten, tiba-tiba Anusapati menusukkan keris ke perut Ken Arok, membuat Ken Arok teringat…

“Ken Arok! Aku ndak sudi kamu ngebunuh aku sama keris buatanku sendiri. Aku bersumpah, keris ini-lah yang nanti akan membunuh kamu! Aaargh!” ucap Empu Gandring. Usai teringat akan itu, Ken Arok kemudian tewas di pangkuan Ken Dedes yang menatapnya nanar. Ken Dedes tak tahu harus bagaimana ketika sadar bahwa Ken Aroklah yang membunuh Tunggul Ametung…

5 comments:

TERIMA KASIH YG SEBESAR-BESARNYA KPD KY KERAMAT NOMOR YG AKI KASI
TERNYATA BENAR2 TEMBUS 100%,SY TIDAK SIA-SIA MEMBAYAR MAHAR AWALNYA SY KURANG
YAKIN KLU ANGKA YG AKI BERIKAN AKAN TEMBUS 100%,TERNYATA SY MENANG ANGKA
3D .ALHAMDULILLAH MOTOR YG PERNAH KUGADAIKAN 4 BULAN YG LALU GARA2 MAIN
TOGEL SEKARANG SUDAH BISA KU TEBUS LAGI MALAH SY SUDAH BELI MOBIL DAN SY
SUDAH PUNYA USAHA, BAGI ANDA YG INGIN MERUBAH NASIB SEPERTI SY HBG,KY KERAMAT
.DI NOMOR; 0823 5328 5559 ,ATAU KLIK BLOG ASLINYA http://akikeramat.blogspot.com/ ANGKA GHOIB YG DI BERIKAN KY KERAMAT TDK
PERLU DI RAGUKAN LAGI SY JAMIN 100% TEMBUS SOALNYA SY SUDAH PERNAH MEMBUKTIKANYA
4X BERTURUT2 MENANG.

(`’•.¸(` ‘•. ¸* ¸.•’´)¸.•’´)
«´ Thanks sOb `»
(¸. •’´(¸.•’´ * `’•.¸)`’•.¸ )

SELAM KOMPAK SELALU,,,,,,,,,,

Baru sy tahu pesona seorang wanita ada pd betisnya ( ken dedes)...

Anusapati suruh pengawalnya bunuh arok waktu makan sore pembunuh itu dibayar oleh anusapati. Kadi bukan dia.yg lakukan sendiri.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites